Lingkup Pekerjaan dan Peraturan Bangunan dalam Teknik Struktur Bangunan

Lingkup Pekerjaan dan Peraturan Bangunan

Nah, sekarang kita bahas nih, tentang apa aja yang masuk dalam pekerjaan bangunan dan peraturannya. Jadi, bangunan itu adalah benda fisik hasil kerja keras dari konstruksi yang ada di mana-mana, di atas tanah, di bawah tanah, atau bahkan di air. Biasanya, kalo kita ngomongin bangunan, kita mikirnya rumah, gedung, atau segala macem yang berhubungan sama pembangunan di kehidupan kita, kayak jembatan, jalan, atau bahkan hal-hal kayak telekomunikasi gitu.

Nah, terus, ada yang namanya teknik bangunan. Jadi, teknik bangunan itu adalah ilmu yang ngurusin semua yang berhubungan sama perencanaan, desain, pembangunan, operasional, renovasi, dan perawatan bangunan. Ini juga termasuk ngebahas efeknya ke lingkungan sekitar kita, lho. Jadi, kalo kita lagi ngurusin atau ngapain gitu sama bangunan, harus tau juga gimana dampaknya ke sekitarnya. 

Singkatnya, pekerjaan bangunan itu melibatkan semua yang ada di dunia konstruksi dan teknik bangunan, dari mulai rancangannya sampe perawatannya. Gitu deh, simpel kan penjelasannya.


Selengkapnya mengenai Teknik Struktur Bangunan

Nih, gampang banget dipahaminnya:

Konstruksi itu sebenernya cuma aktivitas buat bangun-bangun gedung atau infrastruktur gitu. Kalo di bidang arsitektur atau teknik sipil, kita panggil itu konstruksi atau bangunan. Nah, satu proyek konstruksi itu sebenernya gabungan dari banyak pekerjaan yang harus dilakuin.

Biasanya, ada orang yang disebut manajer konstruksi yang ngatur semua pekerjaan ini. Terus ada juga manajer proyek, orang yang ngawasin dan ngontrol supaya proyeknya jalan lancar. Terus ada tenaga teknik yang ngatur desainnya, atau kadang-kadang ada arsitek yang langsung terlibat di lapangan.

Proyek konstruksi ini sebenernya rangkaian kegiatan buat bangun sesuatu, seperti gedung yang kamu liat di gambar atau di kota. Biasanya, kerjaan utamanya ada di bidang teknik sipil dan arsitektur, tapi kadang-kadang juga ada disiplin lain yang ikut campur, misalnya teknik industri, mesin, elektro, geoteknik, atau lansekap. Jadi, konstruksi itu gak cuma tentang bongkar-pasang bata aja, tapi lebih kompleks dari itu.

1.1.1. Lingkup Pekerjaan dan Proyek Bangunan

1.1.2. Bidang Ilmu dalam Teknik Bangunan 


Hitung Harga Besi Beton (Program)


Hitung Harga WIREMESH (Program)

Info



Berita/Artikel Tambahan

Anda bisa membukanya disini, atau bisa juga menghubungi kami.

Jayasteel